Jumat, 18 Februari 2011

_MaPan_"Mari saraPan"

Sarapan itu penting g sih? Penting juga g buat mahasiswa? Mau tau lebih banyak tentang sarapan Let’s check it out!!! ^.^

Apa itu sarapan?
Menurut Mohammad Furqan, SKM, sarapan adalah makanan yang dimakan pada pagi hari sebelum beraktifitas, yang terdiri dari makanan pokok dan lauk pauk atau kudapan dengan jumlah yang dimakan 1/3 dari makanan sehari. Meskipun sarapan jumlahnya tidak besar namun sarapan harus mengandung zat tenaga, protein atau zat pembangun, vitamin dan mineral sebagai zat pengatur yang banyak kita peroleh dari sayur dan buah-buahan.

Mengapa Sarapan itu penting?
Sarapan dipertimbangkan sebagai waktu makan yang penting karena mengganti waktu malam yang tak terisi makanan serta menambah kebutuhan gula. Sarapan merupakan sumber energi yang pertama kali masuk dalam tubuh kita setelah kita beristirahat semalam. Sarapan memberikan efek yang sangat positif bagi tubuh kita karena dengan sarapan tubuh akan menjadi kuat dan kita akan merasa semangat. Dengan adanya energi di dalam tubuh kita, kita bisa melakukan berbagai aktivitas pada hari itu.

Kapan harus sarapan?
Waktu sarapan dimulai dari pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 10.00 pagi.

Siapa saja yang membutuhkan sarapan?
Semua orang membutuhkan sarapan. Sarapan sebagai salah satu alternatif yang harus bahkan wajib dilakukan setiap akan menjalani aktifitas. Walaupun seorang pelajar tidak banyak melakukan gerak tubuh, tetapi justru sebenarnya memerlukan banyak energi, yaitu energi untuk berfikir, untuk memberikan suplay kalori ke otak, dan untuk melakukan metabolisme basal.
BMR (Basal Metabolik Rate) merupakan energi yang digunakan untuk kerja organ tubuh setiap saat. Contohnya adalah jantung, otak, hati setiap harinya kalori atau energi yang kita konsumsi dipotong oleh beberapa organ tersebut. Sedangkan aktifitas lainnya juga harus kita penuhi selama kita melakukan aktivitas harian kita. Bayangkan saja apabila sarapan pagi tidak terpenuhi apapun alasannya, pastinya tubuh dalam waktu jangka panjang akan menggunakan cadangan energi yang tersimpan dalam otot, padahal cadangan energi yang ada pada jaringan adiposa kita belum memenuhi kebutuhan energi sehari. Akibatnya tubuh akan mengalami defisiensi energi dan penurunan berat badan dalam jangka waktu tertentu.

Biasakan sarapan pagi. Merupakan salah satu pesan dari 13 pesan Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) yang dikeluarkan oleh Direktorat Gizi Departemen Kesehatan pada tahun 1995. PUGS merupakan penjelasan lebih lanjut dari 4 sehat 5 sempurna. Berarti sarapan itu memang penting dan wajib dilakukan. Namun, sarapan tidak berarti asal-asalan dalam mengkonsumsi makanan. Pemilih makanan yang sehat dan bergizi ditambah cepat dan murah (untuk mahasiswa seperti kita, hehehe)  juga penting untuk dilakukan. Bahkan, dalam Q. S ‘Abasa ayat 24, Allah berfirman, “maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya”. Jadi, cukup jelas kan?! Sarapan yang sehat dan bergizi itu penting!!!

Let’s make “breakfast” to become our daily activity guys!!! \^o^/

by
“MaPan” Catering Production
CP: Novi Erliyani

_Berbagi Bersama untuk Semua_

2 komentar:

  1. gitu ya, pengen sih sarapan, tapi kebanyakan telat sih hahahaha

    BalasHapus
  2. Iya,, begitulah..
    Sarapan g harus mewah..
    Susu bantal/kotak + roti juga sudah cukup,, hehehe tenteng aja ke kampus,, hehehe
    Yg penting ada asupan yg cukup untuk memulai aktivitas pagi, memulai berfikir, dan menyerap ilmu.. Let's try it,, hehe ^^

    BalasHapus

www.pynoph.blogspot.com

Novi Erliyani Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino