Jumat, 19 Februari 2010

Kenali Tanda dan Gejala Gizi Buruk


Gizi buruk atau malnutrisi merupakan akibat dari kurangnya asupan makanan, pemilihan jenis makanan yang tidak tepat ataupun karena sebab lain seperti adanya penyakit infeksi yang menyebabkan kurang terserapnya nutrisi dari makanan. Gizi buruk berbeda dengan kelaparan. Orang yang menderita kelaparan biasanya karena tidak mendapat cukup makanan. Sedangkan kelaparan yang diderita dalam jangka panjang dapat menuju ke arah gizi buruk. Akan tetapi, gizi buruk juga dapat diderita oleh orang yang banyak makan apabila makanan yang dikandungnya tidak mengandung nutrisi yang mencukupi. Gizi buruk dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental orang tersebut.

Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya gizi buruk adalah pola makan yang tidak seimbang, terdapat masalah pada sistem pencernaan, serta adanya kondisi tertentu. Gizi buruk saat ini tetap menjadi masalah yang cukup signifikan di seluruh dunia. Kemiskinan, bencana alam, masalah politik dan peperangan dapat menyebabkan terjadinya gizi buruk dan kelaparan, bahkan di belahan dunia manapun.

Gizi buruk mempengaruhi kesehatan fisik dan mental. Tanda dan gejalanya tergantung dari jenis nutrisi yang mengalami defisiensi. Namun, secara umum gejala gizi buruk adalah kelelahan dan kekurangan energi, pusing, sistem kekebalan tubuh yang rendah (yang mengakibatkan tubuh kesulitan untuk melawan infeksi), kulit yang kering dan bersisik, gusi bengkak dan berdarah, gigi yang membusuk, sulit untuk berkonsentrasi dan mempunyai reaksi yang lambat, berat badan kurang, pertumbuhan yang lambat, kelemahan pada otot, perut kembung, tulang yang mudah patah, serta terdapat masalah pada fungsi organ tubuh.

Diagnosa gizi buruk dapat dilakukan dengan penentuan BMI (body mass index), pemeriksaan ketidaknormalan darah, pemerikasaan kelainan pada tulang dan organ tubuh dengan menggunakan X-Ray, serta pemeriksaan penyakit atau kondisi lain penyebab gizi buruk. Sedangkan untuk penanganannya dapat dilakukan dengan pengaturan pola makan dan pemberian suplemen. Namun, apabila penyebab gizi buruk karena penyakit atau kondisi medis tertentu maka, terapi lain disarankan untuk menanganinya.

_Berbagi Bersama untuk Semua_


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

www.pynoph.blogspot.com

Novi Erliyani Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino